Rabu, 14 Februari 2018

(081235558859) Interior Rumah Sakit Modern


 Desain interior sebuah bangunan salah satunya interior rumah sakit.
aplikasi warna yang digunakan pada rumah sakit tentu berbeda dengan warna-warna yang dipakai di ruangan pada rumah.

Hal ini karena rumah sakit biasanya menggunakan warna yang dapat menimbulkan kesan menenangkan. (Interior rumah sakit modern)

Sehingga pasien tak akan mengalami kesulitan ketika akan beristirahat sehingga kesan yang ditimbulkan  oleh warna pada rumah sakit juga sekaligus menjadi terapi untuk membantu penyembuhan pasien.

Selain itu, juga karena di rumah sakit suasana memang harus mengesankan ketenangan dan memberi sensasi kedamaian.

Interior rumah sakit modern

Itulah mengapa dinding rumah sakit biasanya dipoles menggunakan warna seperti putih hijau dan biru.

Putih adalah warna yang paling umum terlihat di dinding rumah sakit warna ini mampu memunculkan suasana damai dan tenang.  (Interior rumah sakit modern)

Efek yang ditimbulkan warna putih akan membuat pasien merasa tenang sehingga mampu membantu masa pemulihan. Sementara warna biru dan hijau dianggap sebagai warna yang paling santai dan menyegarkan menciptakan suasana damai yang mendorong konsentrasi seimbang dan menekan emosi.

Interior rumah sakit modern


Karena hijau serta biru memiliki efek yang menenangkan pada saraf maka kedua warna tersebut menjadi pilihan tepat untuk diaplikasikan pada rumah sakit khususnya pada ruang rawat inap.

Untuk warna biru pun sering digunakan mendesain kamar rawat inap anak-anak karena mampu memberi sensasi ketenangan dan dapat menyampaikan efek penyembuhan pada anak.

Rumah sakit bukan hanya sebagai sebuah bangunan yang memberikan pelayanan kesehatan namun juga menawarkan keindahan dan kenyamanan dalam rancangan lingkungan fisiknya.

Lingkungan fisik harus dirancang untuk mendukung kebutuhan dan preferensi konsumen serta penyedia layanan kesehatan secara bersamaan. 

Konsep healing environment merupakan suatu desain lingkungan terapi yang dirancang untuk
membantu proses pemulihan pasien secara psikologis.

Sehingga banyak diantara rumah sakit yang memiliki lingkungan fisik memadai menggunakan konsep healing environment dalam mendesain.

Perpaduan ketiga unsur healing environment dalam desain interior dan eksterior merupakan solusi dalam mengatasi masalah stres dan ketidaknyamanan pasien, keluarga maupun staf pada saat berada dalam rumah sakit.

Hasil desain yang ditunjukkan merupakan suatu desain lingkungan terapi yang tercipta dari hasil perpaduan tiga unsur yaitu alam sebagai komponen desain, indra sebagai penerima rangsangan,
dan psikologis sebagai efek/pengaruh yang dirasakan secara spiritual.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar